Proses penghitungan ulang kecamatan untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Banyuwangi telah dimulai. Proses tersebut akan berlangsung hingga.

Hasil pencoblosan tersebut, waktu rekapitulasi untuk seluruh kecamatan berhasil diselesaikan dalam beberapa hari, kata Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi Dwi Anggraeni Rahman.

Saat ini diperkirakan seluruh berkas surat dan kotak suara telah terkumpul di gudang tingkat kecamatan. Proses pengumpulan berkas dilakukan setiap hari.

PKK menyimpan logistik di gudang kantor kecamatan di beberapa kecamatan. Beberapa barang lainnya disimpan di gudang-gudang yang dianggap representatif.

Untuk memastikan kelancaran proses rekapitulasi, gudang tempat penyimpanan diawasi oleh seorang pegawai selama 24 jam sehari.

Oleh karena itu, KPU bersama PPK dan petugas keamanan melakukan rapat koordinasi untuk menangani kendala teknis dalam proses rekapitulasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan proses berjalan lancar tanpa gangguan.

Berdasarkan penghitungan suara aktual di situs KPU hingga pukul 15.54 WIB, capres-cawapres Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dibanding dua capres-cawapres lain di Kabupaten Banyumas.

Sebanyak 58,83 persen dari total suara masuk disumbangkan kepada Prabowo-Gibran yang memperoleh 67,1 persen. Jauh tidak memasukkan Anies-Muhaimin yang hanya memperoleh 15,31 persen dan Ganjar-Mahfud yang memperoleh 17,58 persen.

Sedangkan untuk anggota DPRD kabupaten, beberapa partai menunjukkan porsi unggul dengan jumlah suara naik hingga 33,48 persen. Partai-partai besar seperti PDI-P, PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan Partai Golkar unggul dibanding partai-partai kecil.